Senin, 07 Mei 2012

Makalah IBD (Peran Mahasiswa Dalam Pelestarian Nilai-Nilai Budaya)



MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR

PERAN UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN NILAI_NILAI BUDAYA

DISUSUN OLEH  :

NAMA : AGUS PRIYONO
NPM : 18111289
KELAS : 1KA33

FAKULTAS : ILMU KOMPUTER
JURUSAN : SISTEM INFORMASI




  






UNIVERSITAS GUNADARMA






Topik Makalah
PERAN UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA

Kelas  :  1-KA33
Tanggal Penyerahan Makalah : 27 April 2012
Tanggal Upload Makalah  :  28 April 2012

 

P E R N Y A T A A N


Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

Penyusun

P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
18111289
Agus Priyono



Program Sarjana Sistem Informasi


UNIVERSITAS GUNADARMA




i




KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah S.W.T yang selalu senantiasa memberikan nikmat dan karunianya kepada saya, karena berkat nikmat dan karunianya saya dapat menyelesaikan tugas Ilmu Budaya Dasar ini dengan tepat waktu. Shalawat serta salam senantiasa saya sampaikan kepada junjungan Nabi besar Muhammad S.A.W , agar kita kelak diberi keselamatan di hari akhir nanti.
            Saya juga ingin mengucapkan terima kasih sebnayak-banyaknya kepada :
1). Kedua orangtua saya yang memberi saya motivasi dan memberi masukan
2). Bpk. Muhammad Burhan Amin sebagai dosen pembimbing dalam mata kuliah Ilmu Budaya
     Dasar.
3). Teman-Teman kelas 1KA33 yang telah memberikan informasi dan membantu saya.
            Makalah ini berjudul “Peran Universitas Gunadarma Dalam Pelestarian Nilai-Nilai Budaya”.
            Saya sadar bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, untuk itu saya memohon maaf bila dalam makalah ini masih banyak kekurangan dalam penulisan dan saya ingin meminta kritik dan saran untuk memperbaiki lagi makalah ini agar menjadi lebih sempurna.

         Jakarta, 27 April 2012

                            Hormat saya

                   Penyusun





ii




DAFTAR ISI

Pernyataan………............................................................................................................     i
Kata Pengantar……..…...................................................................................................     ii
Daftar Isi…......................................................................................................................     iii

Bab 1
Pendahuluan…….............................................................................................................     1
1.Latar Belakang..............................................................................................................     1
2.Tujuan...........................................................................................................................     2
3.Sasaran..........................................................................................................................     2

Bab 2 Permasalahan........................................................................................................      3
1.Strenghts (Kekuatan)......................................................................................................    3
2.Weakness (Kelemahan).................................................................................................     3
3. Opportunity (Keuntungan)…...............................................................................................    4
4. Threats (Tantangan/Hambatan).....................................................................................    4

Bab 3 Kesimpulan dan Rekomendasi................................................................................    5
1.Kesimpulan......................................................................................................................   5
2.Rekomendasi...................................................................................................................   5
3.Referensi.........................................................................................................................    5


















iii





BAB 1
PENDAHULUAN
1 . Latar Belakang
Peran mahasiswa dalam pelestarian nilai-nilai budaya itu sangat penting agarkebudayaan bangsa kita tidak pudar karena ada pengaruh dari budaya budaya luar.Mahasiswa merupakan anak bangsa yang menjadi penerus  kelangsungan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia. Pembentukan kesadaran culturalmahasiswa dapat dilakukan dengan pengoptimalan peran mahasiswa dalam pelestariannilai-nilai budaya.Optimalisasi peran mahasiswa dalam pelestarian nilai-nilai budaya dapat dilakukanmelalui dua jalur, yaitu intrakurikuler dan ekstrakulikuler.

Jalur Intrakurikuler dilakukan dengan menjadikan seni dan budaya daerah sebagai substansi mata kuliah, sedangkan jalur ekstrakurikuler dapat dilakukan melalui pemanfaatan unit kegiatan mahasiswa(UKM) kesenian dan keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan - kegiatan pelestarian nilai-nilai budaya yang diselenggarakan oleh berbagai pihak untuk pelestarian nilai-nilaibudaya.Untuk mahasiswa yang mempunyai bakat didalam bidang seni budaya dapatpertunjukkan bakatnya agar menjadi inspirasi bagi mahasiswa-mahasiswa lain yangbelum bisa mempertahankan kebudayaan Indonesia. Dengan inspirasi tersebutmahasiswa - mahasiswa yang belum mengenal budaya Indonesia menjadi kenal denganbudaya Indonesia dan mempertahankan pelestarian nilai-nilai budaya. Nilai-nilai budayamerupakan nilai-nilai yang disepakati dan tertanam dalam suatumasyarakat, lingkup organisasi, lingkungan masyarakat, yang mengakar pada suatukebiasaan, kepercayaan , simbol-simbol, dengan karakteristik tertentu yang dapat dibedakan satu dan lainnya sebagai acuan prilaku dan tanggapan atas apa yang akanterjadi atau sedang terjadi.




1
2.Tujuan
Tujuan Penulisan Makalah ini guna untuk :
1.Memenuhi tugas Ilmu Budaya Dasar
2. Membari Informasi kepada Mahasiswa Universitas Gunadarma Tentang betapa pentingnya melestarikan nilai buadaya
3.Menambah pengetahuan bagi mahasiswa generasi penerus bangsa tentang pentingnya peran mahasiswa dalam budaya Indonesia.
      4.Berbagi pengetahuan mengenai kebudayaan di Indonesia.
5.Memberi inspirasi kepada mahasiswa Universitas Gunadarma yang belum ikut serta dalam melestarikan kebudayaan.

3.Sasaran
Penulisan makalah ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa khususnya mahasiswa Universitas Gunadarma yang belum mengerti akan pentingnya peranan mahasiswa dalammempertahankan kebudayaan dan pelestarian nilai-nilai budaya.Selain ditujukan kepada seluruh mahasiswa, makalah ini juga ditujukan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang  tidak mempunyai rasa nasionalisme dalam  mempertahankan kebudayaan Indonesia dan nilai-nilai budaya.













2





BAB II 
PERMASALAHAN
Analisis permasalahan Peran Universitas Gunadarma Dalam Pelastarian Nilai-Nilai Budaya dengan memperhatikan dan mempertimbangkan  kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :

1.      Kekuatan (Strength)
A). Memiliki budaya yang bervariasi
Begitu kaya dan beragamnya kebudayaan yang dimiliki tiap-tiap daerah merupakansumber kekuatan bagi bangsa ini menjadi bangsa yang besar di kemudian hari.Sehingga Mahasiswa Gunadarma memanfaatkan keanekaragaman ini salah satunya adalah yaitu Musikalisasi puisi dan Tari tradisional.
B). Pemikiran mahasiswa yang semakin kreatif dan kritis.
Saat ini semakin banyak generasi muda yang membuka pemikirannya dan lebih menonjolkan kreativitasnya diberbagai bidang termasuk di nilai kebudayaan.
C). Mahasiswa yang mempunyai bakat dalam bidang seni budaya.
Banyak Mahasiswa Gunadarma yang mempunyai bakat dalam nilai budaya contohnya Teater, Musik, melukis dan lain-lain
D). Rasa Nasionalisme mahasiswa yang tinggi terhadap kebudayaan
Mahasiswa memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi terhadap nilai-nilai kebudayaan  Indonesia dan juga dapat lebih kuat lagi dalam mempertahankan nilai budayanya

2.      Kelemahan (Weakness)
A)    Kurangnya Tingkat kesadaran Mahasiswa 
Kurangnya kesadaran mahasiswa untuk melestarikan budaya daerah masing-masing, sehingga banyak budaya daerah yang tidak dikenal oleh mahasiswanya daerahnya sendiri.
B)    Pengaruh Budaya Luar
Adanya pengaruh dari budaya luar / asing yang lebih diterima oleh mahasiswa dibandingkan budayanya sendiri.


3
C). Masih banyak mahasiswa yang merasa malu untuk memakai produk dalam negeri.
Semakin banyaknya produk luar yang masuk ke Indonesia menyebabkan produk dalam negeri kurang di minati. Contohnya adalah batik sekarang mahasiswa masih ada rasa malu dalam memakai batik yaitu produk kita sendiri.
3.      Peluang (Opportunity)
A). Mahasiswa yang mempunyai bakat di bidang seni budaya dapat pertunjukkan bakatnya.
Mahasiswa harus mengeluarkan bakat dan kreativitas yang mereka miliki karena ini sangat penting untuk kemajuan bangsa dan kebudayaan Indonesia.
B). Adanya rasa solidaritas yang tinggi
Memiliki jiwa dengan rasasolidaritas yang tinggi menjadikan rasa peduli yang menyebabkan hal positif yang terjadi dalam pelestarian nilai kebudayaan yang akandikembangkan oleh sebuah lembaga (kampus)
C). Pemanfaatan unit kegiatan mahasiswa (UKM)
UKM harus lah dimanfaatkan untuk kelangsungan kesenian dan kebudayaan dan juga untuk
keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan pelestarian nilai-nilai budaya.

4.      Tantangan/Hambatan (Threats)
A). Banyak generasi muda yang tidak mengerti betapa pentingnya peranan mereka.
Generasi muda khususnya mahasiswa banyak yang tidak mengerti akan pentingnya peran mereka dalam melestarikan nilai budaya .
B). Pengaruh budaya luar yang kini telah merajalela didalam bangsa Indonesia.
Sekarang maikn banyak saja budaya luar yang masuk ke Indonesia ini membuat mahasiswa banyak yang tidak tahu tentang seluk beluk budaya daerahnya sendiri malah sekarang lebih tau tentang buaya asing
C). Minimnya rasa nasionalisme terhadap pelestarian nilai-nilai budaya.
Kurangnya rasa nasionalisme mahasiswa terhadap nilai budaya Indonesia
D). Kurangnya kesadaran mahasiswa untuk memanfaatkan sarana di kampus.
Banyaknya tempat untuk menampung aspirasi dan kreativitas mahasiswa yang tersediaoleh kampus akan tetapi kurangnya kesadaran mahasiswa untuk memanfaatkannya.


4




BAB III 
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

1. Kesimpulan
A). Mahasiswa Universitas Gunadarma tidak boleh berpengaruh kepada budaya asing.
B). Tunjukkan rasa nasionalisme kita terhadap pelestarian nilai-nilai budaya.
C). Pentingnya peranan mahasiswa dalam pelestarian nilai-nilai budaya.
D). Mahasiswa merupakan anak bangsa yang menjadi penerus kelangsungan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.

2Rekomendasi
A). Lebih di tingkatkan lagi bakat dalam bidang seni budaya yang dimiliki oleh para mahasiswa
B). Harus dikurangi budaya yang masuk ke Indonesia ini demi kelestarian budaya yang ada di Indonesia
C). Rasa solidaritas Mahasiswa terhadap budaya harus lebih di tingkatkan
D). Mahasiswa harus memanfaatkan sarana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai budaya di kampus.


REFERENSI
http://kem.ami.or.id/2011/08/mewujudkan-peran-serta-remaja-dalam-pelestarian-budaya/ 









5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar