Kamis, 25 April 2013

RUANG LINGKUP EKONOMI

NAMA      : AGIS PRIYONO
KELAS     : 2KA40
NPM         : 18111289



     1.1 PENGERTIAN EKONOMI, ILMU EKONOMI DAN GUNA MEMPELAJARINYA
Ekonomi atau economic dalam banyak litelatur ekonomi di sebutkan berasal dari bahasa yunani yaitu kata “oikos” dan “nomos” yang berarti peraturan rumah tangga. Dengan kata lain pengertian ekonomi adalah semua yang menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan perikehidupan dalam rumah tangga. Yang di maksud kata rumah tangga bukan hanya merujuk pada suatu keluarga saja melainkan rumah tangga bangsa, negara dan dunia.
            Dengan semakin majunya zaman dan pesatnya pembangunan ternyata membawa dampak dan warna tersndiri bagi kehidupan manusia, yaitu di mana pemenuhan kebutuhannya berupa sandang dan pangan tidak lagi sesederhana dulu.Pada masa kondisi perekonomian yang marak di tandai oleh semakin berkembangannya sektor industri, terutama manufaktur, maka kebutuhan manusiapun semakin berkembang/bergeser yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Konsumsi pangan dan sandang tidak lagi hanya sekedar mengenyangkan perut dan melindungi/menutupi badan akan tetapi sudah di jadikan sebagai simbol masyarakat tertentu yang menunjukkan kekuasaan dan kejayaan. Kemudian persoalannya muncul yaitu ternyata untuk mendapatkan kebutuhan yang di inginkan itu tidak semua orang biasa dan mampu. Jadi masalah yang di hadapi oleh manusia dalam rangka memenuhi kebutuhannya adalah bahwa kebutuhannya itu tidak terbatas sementara alat pemuas kebutuhannya terbatas.
            Maka di sinilah ilmu ekonomi berperan karena ilmu ekonomi memberikan pengertian dan dasar-dasar bagaimana memenuhi kebutuhan dengan sumber daya yang terbatas. Ilmu ekonomi ini tentu saja di kaji dari pengalaman sehari-hari kehidupan masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhannya.


2


Ada beberapa ahli yang menjelaskan arti Ilmu ekonomi yaitu :
1.    Prof. P. A. Samuelson mendeskripsikan Ilmu ekonomi adalah suatu studi bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat pilihan dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber-sumber daya  terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi, sekarang dan di masa datang kepada berbagai orang dan golongan masyarakat.
2.    Sadono Sukirno dalam bukunya menulis bahwa Ilmu ekonomi menganalisa biaya dan keuntungan dan memperbaiki corak penggunaan sumber-sumber daya.
3.    Mankiw mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya-sumber daya yang selalu terbatas dan langka.

Dengan   demikian   jelas  bahwa ilmu ekonomi itu memusatkan perhatiannya 
Bagaimana perilaku manusia memenuhi kebutuhannya, yang untuk mendapatkannya di butuhkan pengorbanan karena ketersediannya yang terbatas atau langka.

Adapun manfaat dari mempelajari ilmu ekonomi sebagaimana yang di kemukakan oleh Mankiw dan memang demikian kenyataannya adalah :
1.    Ilmu ekonomi dapat membantu memahami wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata secara lebih baik.
2.    Dengan mempelajari ilmu ekonomi akan membuat yang mempelajarinya lebih mahir atau lihai dalam perekonomian.
3.    Dengan menguasai ilmu ekonomi maka akan memberikan pemahaman atas potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi.


3

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar