Minggu, 27 Oktober 2013

KORELASI ANTARA BAHASA INDONESIA DENGAN SISTEM INFORMASI


Setiap manusia yang melakukan aktivitas pasti menggunakan bahasa guna berinteraksi dengan orang lain. Jadi bahasa merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Tanpa bahasa kita tidak dapat memahami maksud dari orang lain dan sebaliknya orang lain  tidak akan mengerti maksud kita. Namun kita juga harus mengerti pengertian dari bahasa itu sendiri secara lengkap.

BAHASA
Secara umum bahasa dapat diartikan sebagai ucapan,pikiran dan perasaan seseorang yang disampaikan secara teratur dan digunakan sebagai alat komunikasi antar anggota masyarakat. Di sisi lain, rumusan pengertian bahasa dapat pula dilihat secara praktis dan teknis. Secara praktis, bahasa merupakan salah satu alat komunikasi berwujud system bunyi atau tulisan yang mempunyai makana tertentu, dipahami dan dihasilkan oleh alat ucap manusia. Secara teknis, bahasa merupakan seperangkat ujaran yang bermakna lengkap yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Kemudian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, bahasa merupakan system lambang bunyi yang arbriter, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi dan mengidentifikasi diri.
Berdasarkan beberapa pengertian bahasa diatas, maka dapat dikemukakan secara jelas bahwa Bahasa Indonesia adalah suatu lambing bunyi termasuk ucapan,pikiran dan perasaan seseorang yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk berkomunikasi seperti bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri antar anggota masyarakat yang lain.

SISTEM
Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat. Kata "sistem" banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

INFORMASI
Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda. Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi

SISTEM INFORMASI
Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
Ada yang membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi, dan komputer sistem TIK, dan proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK. Hal ini terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem informasi juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis.

KESIMPULAN
Jadi dapat saya simpulkan korelasi antara Bahasa Indonesia dengan Sistem Informasi adalah suatu kombinasi dari teknologi informasi serta aktivitas oleh masyarakat yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dalam berkomukasi karena dalam dunia globalisasi ini bahasa penting bagi kehidupan sehari-hari untuk berkomunikasi dan bahasa sebagai media, cara penyampaian ucapan, pikiran dan perasaan seseorang guna sebagai alat komunikasi dalam pemanfaatan teknologi informasi.

Referensi :
http://http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa

1 komentar:

  1. Selamat malam, ini agus priyono kelas 4ka40 ya? Gw Gladys , dari 4ka23. Cuma mau infoin nih, kita satu DP sama Pak Ricky Agus T, ya? Boleh minta kontak lo gak? Kirim aj ke email gw princezzedys@gmail.com . Hari selasa ini ada bimbingan pertama di gdung E541 jam 11 bawa ftokopi SK ya.

    BalasHapus